SMP MPlus Gunungpring

Magelang, 6 – 10 November 2023

Sebagai bentuk komitmen untuk terus meningkatkan kemampuan menulis siswa, SMP MPlus Gunungpring mengadakan kegiatan spesial, yaitu “Kegiatan Penulisan Artikel Ilmiah” dengan pelatih dan pembicara ahli, Hasta Indriyana. Beliau adalah seorang penulis dan seniman yang telah menghasilkan berbagai karya di berbagai media massa ternama seperti Kompas, Tempo, Media Indonesia, Republika, Suara Merdeka, Jawapos, dan lain-lain. Beberapa karya terkenal beliau antara lain “Bu Guru Cantik,” “Piknik yang Menyenangkan” (puisi), dan “Belajar pada Waktu” (biografi).

Kegiatan ini dilaksanakan secara klasikal di aula sekolah, dimana Hasta Indriyana memberikan tips praktis untuk menulis dengan mudah, cepat, dan menyenangkan. Para siswa diajak untuk mendapatkan wawasan tentang teknik penulisan yang efektif dan inspiratif. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pandangan baru mengenai dunia menulis, merangsang kreativitas, serta meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan ide dan gagasan mereka.

Pada hari berikutnya, kegiatan dilanjutkan secara lebih intensif dengan pembagian perkelas. Setiap kelas diberikan tugas untuk membuat artikel ilmiah tentang Dolanan Tradisional yang ada di lingkungan sekitar mereka. Ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi siswa untuk mengasah keterampilan menulis ilmiah, tetapi juga untuk mengenali dan menghargai kearifan lokal.

Dengan didampingi oleh Hasta Indriyana, para siswa diajak untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam merangkai kata-kata yang menggambarkan keunikan dan keindahan dolanan tradisional tersebut. Hasil karya siswa akan dinilai dan beberapa artikel terpilih akan diikutsertakan dalam lomba penulisan tingkat lebih tinggi.

Kegiatan “Kegiatan Penulisan Artikel Ilmiah” ini diharapkan dapat menjadi langkah awal siswa dalam mengembangkan potensi menulis mereka. SMP MPlus Gunungpring terus berkomitmen untuk memberikan peluang dan wadah bagi siswa-siswinya untuk tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek. Selamat menulis dan semoga kegiatan ini menjadi awal dari perjalanan menulis yang penuh prestasi dan inspirasi!